Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Otomotif » Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo pada 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama “Avanza” berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti “peningkatan”.

Versi khusus dari Avanza (S Type) diluncurkan pada akhir 2004 dengan menggunakan mesin VVTi Toyota. Peluncuran versi ini juga ditujukan sebagai “Test Market” bagi rencana pengembangan All Avanza-Xenia VVTi dan Automatic Edition. Edisi khusus ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis. Hanya 200 unit Avanza (S Type) yang diproduksi.

Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi VVTi yang melengkapi semua versi. Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New S-Type (1.5 S VVTi) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1500cc VVTi, Rear Parking Sensor, teknologi pengereman ABS serta Alloy 15″ Velg Wheels. Mesin 1500cc VVTi yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New S-Type tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan automatic.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5G dilengkapi dengan Airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Mexico. Sementara Daihatsu Xenia juga dijual di Republik Rakyat Cina dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1500cc seperti Avanza.

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis minibus yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Daihatsu Xenia dipasarkan dengan dua tipe mesin berbahan bakar bensin dengan Electronic Fuel Injection:

  • 1.3L 4 silinder 16 katup(K3-DE DOHC) (tenaga maks. 92hp/6000 rpm dan torsi 12,2 kgm/4400 rpm)
  • 1.0L 3 silinder 12 katup (EJ-DE DOHC) (tenaga maks. 63 hp/5600 rpm, torsi 9,2kgm/3600 rpm).

Daihatsu Xenia diperkenalkan di Indonesia dengan tiga tipe utama, yaitu:

  • Mi, menggunakan mesin 1.0L
  • Li, menggunakan mesin 1.0L
  • Xi. menggunakan mesin 1.3L.

Perbedaan utama antara Mi dan Li adalah tidak adanya power steering pada varian Mi (terendah), juga varian Mi masih menggunakan velg besi (Li menggunakan aluminium). Varian Xenia otomatis hanya tersedia pada varian tertinggi(Xi).

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Leave a Reply

© 2010 Perbedaan.com · Subscribe:PostsComments